Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Saat ini, banyak dari kita yang menyadari pentingnya melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Namun, seringkali kita bingung antara memilih sunscreen atau sunblock. Meskipun keduanya berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV, namun sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.

Pertama-tama, mari kita bahas tentang sunscreen. Sunscreen biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang bekerja dengan menyerap sinar UV sebelum mencapai kulit. Bahan-bahan ini seperti avobenzone, oxybenzone, dan octocrylene akan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sehingga kulit tidak terkena paparan langsung sinar UV. Sunscreen biasanya memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit, sehingga cocok digunakan sehari-hari.

Sementara itu, sunblock bekerja dengan cara membentuk lapisan fisik di atas kulit yang akan memantulkan sinar UV. Dengan kata lain, sunblock memberikan perlindungan langsung dengan cara memantulkan sinar matahari sebelum bisa meresap ke dalam kulit. Bahan aktif yang umum digunakan dalam sunblock adalah titanium dioxide dan zinc oxide. Sunblock biasanya memiliki tekstur yang lebih tebal dan lebih sulit meresap ke dalam kulit, sehingga cocok digunakan saat beraktivitas di luar ruangan untuk perlindungan maksimal.

Dalam memilih antara sunscreen dan sunblock, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan aktivitas yang akan dilakukan. Jika Anda memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi, sunblock mungkin lebih cocok untuk digunakan. Namun, jika Anda mencari perlindungan sehari-hari yang ringan dan mudah digunakan, sunscreen bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jadi, jangan sampai salah pilih antara sunscreen dan sunblock. Pastikan untuk selalu melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya dengan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Ingat, perlindungan kulit dari sinar matahari adalah investasi untuk kesehatan kulit Anda di masa depan.

You may also like